Definisi Pasar
Monopolistik
Pasar
monopolistik adalah salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya.
Karakteristik Pasar Monopolistik
1.
Produk yang terdifferensiasi (Differensiasi Produk)
Differensiasi produk adalah usaha untuk
membedakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memberikan daya tarik
baik langsung maupun tidak langsung kepada konsumen dibandingkan perusahaan
lain yang menghasilkan produk yang sama atau sejenis ataupun yang berbeda.
2.
Jumlah perusahaan banyak dalam industri
Jumlah perusahaan dalam pasar
persaingan monopolistik banyak. Di Indonesia dapat dilihat begitu banyaknya
merek pakaian dan sepatu. Banyaknya perusahaan menyebabkan keputusan perusahaan
tentang harga dan output tidak perlu harus memperhitungkan reaksi perusahaan
lain, karena setiap perusahaan menghadapi kurva permintaannya masing-masing.
3.
Mudah masuk dan keluar
Laba super normal yang dinikmati
perusahaan mengundang perusahaan pendatang untuk memasuki indsutri. Jika mereka
mampu bertahan, dalam jangka panjang dapat mengalahkan perusahaan yang lain.
Tetapi jika kalah mereka harus keluar, agar kerugian tidak menjadi lebih besar.
Sama halnya dengan pasar persaingan sempurna, dalam pasar persaingan
monopolistik proses masuk keluar akan terhenti bila semua perusahaan hanya
memperoleh laba normal.
Ciri-ciri Pasar Monopolistik
1.
Terdapat banyak penjual di pasar.
Meskipun demikian, pasar ini tidak memiliki produsen atau penjual sebanyak
pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu pun produsen yang mempunyai skala
produksi yang lebih besar dari produsen lainnya.
2.
Barang yang diproduksi dan diperjualbelikan berbeda corak (ukuran, mutu, dan
satuan harga)
Apabila kita lihat secara fisik suatu produk , akan tanpak jelas perbedaan
tersebut. Maka kita dapat membedakan mana produk suatu perusahaan
dengan product perusahaan yang lainnya. Di samping perbedaan dalam bentuk fisik
, juga terdapat perbedaan dalam bentuk bungkus atau pembungkusan product, dan
ada pula yang berbeda dalam cara membayar barang yang akan di beli. Akibat dari
berbagai macam perbedaan ini , barang yang di produksi oleh
perusahaan pasar monopolistis ini tidak
bersifat barang pengganti sempurna akan tetapi ia bersifat barang pengganti yang dekat.
3.
Perusahaan tidak memiliki kekuatan penuh untuk mempengaruhi harga dan
menentukan harga
4.
Keluar masuk dalam pasar sangat mudah
5.
Kegiatan promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan perusahaan.
Faktor-faktor Yang Menyebabkan Terjadinya
Pasar Monopolistik
Faktor-faktor yang menyebabkan
terjadinya pasar monopolistik adalah sebagai berikut :
1) Ketidakpuasan
terhadap daya analisis model persaingan sempurna maupun monopoli
2) Sumber
daya alam yang melimpah menyebabkan produsen memproduksi barang serupa tetapi
memiliki keunggulan yang berbeda
3) Differensiasi
produk yang tidak terlalu besar mendorong perusahaan untuk melakukan persaingan
non harga
Memaksimumkan
Keuntungan di Pasar Persaingan Monopolistik.
Kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan dalam persaingan monopolistik lebih elastis dari yang dihadapi monopoli. Tetapi tidak sampai mencapai elastis sempurna sebagaimana kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan sempurna.
Pemaksimuman
keuntungan terbagi menjadi dua yaitu pemaksimuman keuntungan jangka panjang dan
jangka pendek.
Pemaksimuman keuntungan jangka panjang
Keuntungan yang melebihi normal menyebabkan pertambahan jumlah perusahaan dipasar. Dengan demikian setiap perusahaan yang ada di pasar akan menghadapi permintan yang semakin berkurang pada berbagai tingkat harga. Sehingga keuntungan pun akan semakin menurun ketingkat normal. Bahkan akan merugi jika penerimaan marjinal lebih kecil dari biaya marjinal (MR<MC).
Keuntungan yang melebihi normal menyebabkan pertambahan jumlah perusahaan dipasar. Dengan demikian setiap perusahaan yang ada di pasar akan menghadapi permintan yang semakin berkurang pada berbagai tingkat harga. Sehingga keuntungan pun akan semakin menurun ketingkat normal. Bahkan akan merugi jika penerimaan marjinal lebih kecil dari biaya marjinal (MR<MC).
Pemaksimuman keuntungan jangka
pendek
Permintaan yang dihadapi perusahaan
dalam persaingan monopolistik adalah sebagian dari keseluruhan permintaan
pasar. Keuntungan maksimum akan dicapai apabila perusahaan terus berproduksi
sampai pada tingkat tercapainya MC=MR. Perusahaan akan memperoleh laba diatas normal
pada jangka pendek.
Keseimbangan
jangka pendek dan panjang pasar persaingan monopolistik.
Keseimbangan Perusahaan dalam Jangka Pendek
Dalam jangka pendek perusahaan dapat menikmati laba
super normal. Keseimbangan jangka pendek
perusahaan tercapai bila MR = MC, karena memiliki daya monopoli, walau
terbatas, kondisi keseimbangan perusahaan yang bergerak dalam pasar persaingan
monopolistik sama dengan yang bergerak dalam pasar monopoli.
Keseimbangan Perusahaan dalam Jangka Panjang
Dalam jangka panjang perusahaan hanya menikmati laba
normal.
Penilaian Ke
Atas Pasar Monopolistik
Di
dalam bagian ini analisis yang dibuat hanya meliputi penilaian ke atas efek
dari pasar bersifat persaingan monopolistis kepada penggunaan sumber-sumber
daya, dorongan untuk mengembangkan teknologi dan melakukan inovasi, dan corak
distribusi pendapatan. Salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh
perusahaan monopolistis adalah melakukan promosi penjualan secara iklan.
Kebaikan dan keburukan dari kegiatan ini akan dinilai dalam bagian berikut.
Persaingan Bukan Harga
Persaingan bukan-harga merupakan usaha-usaha diluar perubahan harga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik lebih banyak pembeli atas barang yang diproduksikannya.
Persaingan bukan-harga merupakan usaha-usaha diluar perubahan harga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik lebih banyak pembeli atas barang yang diproduksikannya.
Persaingan
bukan-harga dapat dibedakan menjadi dua jenis;
1. Diferensiasi produksi,
yaitu menciptakan barang sejenis tetapi berbeda coraknya dengan produksi
perusahaan-perusahaan lain.
2. Iklan dan berbagai
bentuk promosi penjualan
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik
Kelebihan pasar monopolistik:
1.
Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat
memilih produk yang terbaik baginya.
2.
Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan
inovasi dalam menghasilkan produknya.
3.
Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk
yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang
dipilihnya.
4.
Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan
sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
Kekurangan
pasar monopolistik:
1.
Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi
harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal
dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2.
Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik,
karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3.
Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan
meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus
dibayar oleh konsumen.
http://devidevristyana.blogspot.co.id/2014/11/makalah-pasar-persaingan-monopolistik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar