Jumat, 27 Mei 2016

TULISAN 10 PEREKONOMIAN INDONESIA



MENURUNNYA KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA


Pendidikan merupakan salah satu factor penting untuk mendukung bangsa yang berkualitas dan bangsa yang maju,bangsa yang maju dapat dilihat banyak penduduk-penduduk bangsanya bermutu dalam pendidikan sehingga dapat memberikan income pada Negara sendiri dan mengakat nilai derajat bangsa itu sendiri.
Indonesia merupakan wilayah terluas dan berpenduduk yang sangat padat,Indonesia hingga kini merupakan Negara Berkembang di ukur  berbagai sector terutamannya kualitas pendidikannya,pendidikan diindonesia sudah mulai berkembang sejak 198an,pendidikan sudah kenali Indonesia dari kedatangan bangsa belanda menjajah, pendidikan sudah mulai berkembang hingga kini.
Bedasarkan survey United Nations Educational Scientific and Cultural Organization(UNESCO),menyatakan perkembangan pendidikan diwilayah Asia Pasifik  untuk Indonesia menduduki peringkat 10 dari 14 sedangkan penilaian data Kualitas pendidik di Indonesia menduduki peringkat level 14 dari 14 Negara masih berkembang .
Jika kita dapat bandingkan Negara Indonesia sebagai Negara memiliki Sumber segala Potensi dengan Negara Vietnam sebagai Negara baru merdeka beberapa tahun lalu,Negara ini sudah menduduki tingkat atas dua tingkat dari indoensia didapati ukur dalam pendidikannya dengan masyrakat pandai membaca lebih cepat,sedangkan jika Indoensia diukur dengan Perkembangan Pendidikan tingkat dunia Indonesia menduduki peringkat 39 dari 42 negara berkembang didunia.(Analisa United Nations Educational Scientific and Cultural Organization(UNESCO))
Betapa meringisnya bila bangsa selama ini diharumkan dalam kwalitas pendidikan sangat kurang,setiap tahun berapa jutaan Mahasiswa Indonesia Lulus disetiap instansi/universitas swasta dan Negeri?berapa jutaan Siswa-Siswi Lulus tingkat SD,SMP,SMA? Dan berapa ribuaan Mahasiswa Lulus di Indoensia Bekerja diLuar Negeri? Lalu mengapa kwalitas pendidikan Diindoensia masih kurang?Apa menjadi ukuran Pendidikan berkwalitas?
Jika pendidikan dinomor satukan dalam masalah public dan dijadikan sebagai kebutuhan akan sangat terjamin pendidikan dindonesia sangat bermutu dan menjadikan pendidikan kebutuhan paling utama. Selama ini dapat dilihat hanya orang berkalangan menegah ke atas dapat merasakan pendidikan,lalu bagaimana pendidikan untuk orang menegah kebawah,mungkin,merasakan pendidikan hingga SD,SMP,maupun SMA,Lalu apakah  bangku kuliah dirasakan olah orang mengah keatas saja? Selama ini pendidikan selalu menjadi mayoritas dalam ukur bangsa dengan penduduk bermutu maupun tidak,semakin perkembangan zaman Indonesia semakin menurun dalam Kwaliatas pendidikannya hal ini dapat dilihat banyak pelajar mudahnya Terakses Internet dalam mencari tugas,membuat kemalasan belajar menurun hingga 55% dari kecerdasaannya.
Penilaian akan kualitas pendidikan dilihat dari beberapa factor yang mengukur dan untuk Indonesia kurangnya Kwalitas itu sendiri dilihat kurang sarana dan prasarana mendukung,mengapa? Pertama adalah Pelajar-pelajar diindonesia sangat pandai namun kurang sarana dan prasarana diberikan pemerintah  membuat akhir pelajar-pelajar memilih berdomisili keluar negeri. Yang Kedua yaitu Beasiswa hanya diberikan pada pelajar-pelajar pandai di akademik dan untuk pelajar kurang pandai diakademik tak adanya wadah menampung,hingga membuat kurang kecerdasaan belajar tak ada kepudulian disekitarnya mendukung. Yang Ketiga adalah Masih kurangnya tempat sekolah/pendidkan memadai untuk wilayah Indonesia luar jawa,hingga membuat pendidikan tak merata. 4. Tak adanya fasilitas pendidikan khusus untuk siswa-siswi kurang mampu,masih saja pendidikan ini menjadi kendala setiap tahunnya.
Apabila semua dapat terlaksana dengan baik,pendidikan Dindonesia sangat berkwalitas dan dapat berkembang pesat dari Negara berkembang lainnya,masalah utamanya Wadah akan menerima diIndonesia masih sangat kurang. Apabila semua telah tersosialisasi dengan baik dan ternyata pendidikan masih kurang kita dapat menilai Tenaga kerja Pendidiknya. Mengapa? Tenaga kerja pendidik merupakan factor penting berperan dipendidkan.
Dalam tenaga kerja pendidik ini Ukuran dalam pendidikan dinilai unsure fisik maupun non fisik,dengan segala sikap,tingkahlaku,komunikasi pada setiap pelajarnya merupakan unsure paling utama ,sosok pendidik bermutu akan menghasilkan pendidik bermutu pula,makadari itu pendidikan merupakan hal penting dalam peran pendidikan bermutu dan berkwalitas .
Pendidikan akan bermutu dan berkwalitas dapat dilihat dari segala aspek antara dirisendiri,lingkungan maupun pemerintah memberikan wadah dan prasarana dalam pendidikan.kwalitas pendidikan dapat diwujudkan dari sejak dini sebelum generasi selanjutnya dapat bermutu dan berkwalitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar